RSS

MAKNA GERAKAN TUBUH


Bahasa atau makna Mata
·  Normalnya, manusia berkedip sekitar 8-15 kali permenit. saat seseorang berkedip lebih sering, itu pertanda bahwa dia sedang gelisah/berada dalam tekanan.
·  berhenti ngajak ngobrol seseorang yg matanya selalu menatap ke bawah. itu tandanya dia udah malas ngomong.
·  Mata bergerak ke atas dan ke kiri tandanya orang itu lg mikirin sesuatu yg udah terjadi. kalo ke atas dan ke kanan nunjukin kalo org itu lg membayangkan sesuatu.
·  Mata yg bergerak ke arah kiri, artinya lagi nyoba mengingat suara. sedangkan kalo bergerak ke arah kanan, artinya lagi merekonstruksi suara.
Bahasa atau makna Mulut & Bibir
·  senyuman tulus ditandai dengan mata yg tersenyum, diawali dan diakhiri dengan senyuman yg lambat. Sedangkan senyuman palsu, matanya ga ikut tersenyum, diawali dan diakhiri dengan senyuman secara mendadak.
·  Mengerutkan bibir dapat diartikan sedang berpikir keras, tapi belum siap buat mengucapkannya.
Bahasa atau makna Kepala
·  Menurut penelitian nih, orang yg nganggukin kepalanya berulang-ulang bakal dapet informasi empat kali lebih banyak, dibanding orang yg ga gerakin kepalanya sama sekali.
·  Anggukan pelan adalah tanda agar lawan bicara meneruskan omongannya, bisa juga sebagai pendorong agar dia terus bicara.
·  Mengangguk atau memiringkan kepalanya sering dinilai sebagai sikap tunduk.
Bahasa atau makna Tangan
·  Menggaruk Kepala, memegang kuping serta perilaku-perilaku ganjil lainnya yg nunjukin rasa gelisah dan adanya kebohongan.
·  Orang yg selalu menyembunyikan tangannya di balik punggung ternyata orang itu berkadar Pede-nya tinggi lho.
·  Memegang leher juga bisa menjadi tanda kegelisahan. Para perempuan memegang leher bagian depan, sedangkan laki-laki memijat leher bagian belakang untuk menenangkan diri.
Bahasa atau makna Kaki
·  Kaki yg terlihat bergerak-gerak terus, nunjukin adanya sesuatu kegelisahan atau ketidak nyamanan. Bawaannya udah nggak sabar mau cepet-cepet pergi dari situ.
·  Ada juga posisi kaki cewek atau cowok yg disilangkan berbarengan dengan menyilangkan tangan juga. Mengisyaratkan bahwa mereka lagi punya masalah.
·  Kalo kamu lihat cowok dengan sikap tungkai satu dinaikan di atas lutut satunya, lalu tangannya di letakan di belakang kaki. Hmm artinya dia sombong & arogan banget tuh
Makna gerakan tubuh berbohong
·  Cenderung menatap ke kiri. Menurut penelitian jawaban muncul berasal dari otak sebelah kanan yg imajinatif. Sedangkan otak kiri untuk mengingat.
·  Seseorang bakal mengosongkan matanya saat berbohong.
·  Menggigit bibir atas atau bawah.
·  Bicaranya makin pelan, banyak menggunakan jeda saat bicara atau suka ragu-ragu saat mau bicara


3 gerak isyarat tangan yang umum terjadi :
1. Gerak isyarat cincin atau “OK”
Sebagian yakin bahwa kepanjangan “OK” adalah “all correct” yang mungkin keliru dieja menjadi “oll korrect” sementara yang lain mengatakan bahwa artinya “knock out” yakni KO. Bahkan ada yang mengatakan itu “Old Kinderhook” tempat lahir Presiden Amerika di abad 19. Tetapi tampaknya bentuk cincin itu mewakili huruf “O” dalam isyarat “OK”, walaupun isyarat ini memiliki arti yang berbeda-beda di tempat-tempat tertentu. Yang paling aman untuk dipatuhi adalah “dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”
2. Gerak isyarat mengacungkan ibu jari
Di Inggris, Australia dan Selandia Baru, isyarat ini mempunyai 3 arti yaitu gerak ini sering digunakan oleh mereka yang hendak menumpang kendaraan sebagai tanda “OK”, dan bila jempol itu disentakkan ke atas secara mencolok, gerakan tadi menjadi tanda penghinaan. Jempol juga digunakan tanda kekuasaan atau keunggulan atau dalam situasi dimana orang berusaha membuat kita “berada di bawah jempol mereka” bila dikombinasikan dengan isyarat lain.
3. Tanda “V”
Populer untuk tanda kemenangan selama perang dunia kedua, tetapi versi dua jarinya ini dilakukan dengan telapak tangan menghadap ke luar, sementara bila telapak menghadap ke dalam berarti suatu hinaan cabul.
Orang akan menerima atau menolak kehadiran anda tergantung pada sikap anda terhadap ruang
pribadi mereka.




Gaya Jabatan Tangan :
a. Gaya Sarung Tangan terkadang disebut sebagai jabatan tangan kaum politikus.
Pihak yang menawarkan jabatan tangan berusaha memberi kesan pada penerima bahwa ia bisa dipercaya atau jujur, tetapi bila cara ini digunakan terhadap orang yang baru dikenal, hasilnya akan akan sebaliknya. Sebaiknya gaya ini digunakan pada orang-orang yang telah lama dikenal.
b. Gaya Penjepi

Gerak Isyarat Tangan dan Lengan
a. Menggosok Telapak Tangan
Merupakan komunikasi secara non-verbal guna menyatakan “pengharapan yang positif”
b. Menggosok Jempol dan Jari
Biasanya digunakan sebagai gerak isyarat “mengharapkan uang”
c. Menjalin Jari-Jari Tangan
Pada mulanya, isyarat ini tampak seperti gerak isyarat penuh rasa percaya diri karena sebagian orang yang menggunakannya seringkali tersenyum dan tampak bahagia. Bila kita melihat seseorang tidak hanya menjalin jari-jari tangannya, tetapi jari-jarinya juga tampak memucat seolah saling melekat erat, ini menunjukkan sikap yang dilandasi frustasi atau kebencian.
Posisi jari tangan terjalin memberikan kesimpulan bahwa gaya ini merupakan gerak isyarat frustasi, menandakan orang itu sedang memendam sikap yang negatif. Gerak ini mempunyai 3 posisi utama yaitu : menjalin jari-jari di depan wajah, tangan diletakkan di atas meja atau di atas pangkuan bila sedang duduk dan di muka tubuh bila berdiri. Ada korelasi antara tingginya tangan itu terangkat dan kekuatan perasaan negatif yang sedang dialami, yaitu orang dengan tangan di angkat tinggi akan lebih sulit ditangani daripada tangan yang diangkat lebih rendah.
d. Tangan Membentuk Menara
Gerak isyarat ini menunjukkan sikap percaya diri. Gaya ini sering digunakan dalam interaksi atasan/bawahan dan bisa merupakan gerak isyarat tersendiri yang menandakan sikap percaya diri atau sikap “mahatahu”. Gerak isyarat ini sangat sering digunakan di kalangan akuntan, pengacara, manajer dan sebangsanya.
e. Mencengkeram Tangan Lengan dan Pergelangan Tangan
Gaya ini dianggap gerak isyarat superior/percaya diri. Jika anda memakai gaya ini sewaktu anda berada dalam keadaan stress, misalnya diwawancari oleh wartawan ataupun menunggu giliran dokter gigi, anda akan merasa cukup santai, percaya diri dan bahkan seolah berkuasa. Isyarat tangan pada tangan tidak boleh dikacaukan dengan tangan mencengkeram pergelangan tangan yang merupakan pertanda frustasi dan usaha untuk mengendalikan diri. Yang menarik, semakin tinggi tangan diangkat berarti semakin marahlah ia.
f. Memperlihatkan Jempol
Jempol seringkali menonjol keluar dari saku, terkadang dari saku belakang, ini menunjukkan sikap
yang penuh rahasia untuk menutupi sikap dominannya


Isyarat Mata
a. Bila seseorang bergairah, pupilnya akan membesar hingga empat kali ukuran normal
b. Bayi dan anak-anak memiliki pupil lebih besar dibanding orang dewasa, pupil mata itu akan senantiasa membesar bila ada orang dewasa hadir. Itu merupakan usaha mereka agar tampak memikat dan dengan demikian mendapat perhatian terus menerus.
c. Bila seseorang berlaku tidak jujur atau menyimpan suatu informasi, pandangannya akan bertemu dengan mata kita kurang dari sepertiga waktu pertemuan. Bila pandangan terjadi sampai dua pertiga waktu maka ada dua kemungkinan, pertama ia menganggap Anda sangat menarik, yang kedua bersikap bermusuhan dalam hal ini pupil mata akan menyempit.
d. Lamanya orang memandang dapat juga ditentukan oleh factor kebudayaan, orang Eropa misalnya sering sekali menatap sehingga mungkin terasa tidak sopan bagi orang lain. Oleh karena itu, kita harus selalu mempertimbangkan pengaruh cultural sebelum mengambil kesimpulan.
e. Tatapan bisnis, bayangkan adanya segitiga di dahi lawan bicara Anda. Dengan mengarahkan pandangan ke daerah ini, Anda menciptakan suasana yang serius dan orang tersebut akan merasa bahwa ada memang berniat membicarakan bisnis.
f. Tatapan social, pandangan mata tertuju ke wilayah segitiga pada wajah lawan bicara, yakni di
antara mata dan mulut.
g. Tatapan intim, tatapan ini tertuju melintasi mata dan di bawah dagu ke bagian tubuh lain. Dalam pertemuan dekat, wilayah segitiga antara mata dan dada yang dituju, sedangkan dalam jarak jauh dari mata ke selangkangan.
h. Lirikan sekilas, dipakai untuk mengkomunikasikan minat ataupun kebencian. Bila disertai dengan alis yang terangkat atau senyuman, isyarat ini mengkomunikasikan minat. Jika disertai dengan alis yang dikernyitkan, dahi berkerut, atau sudut mulut ditarik ke bawah, isyarat ini menandakan kecurigaan, kebencian atau sikap mengkritik.
i. Gerak Isyarat Menutup Mata merupakan usaha orang tersebut untuk menghilangkan diri anda dari pandangannya karena ia merasa bosan atau tidak tertarik pada anda atau merasa lebih superior. Ini dapat disertai dengan kepala menengadah dan menatap Anda berlama-lama. Ini pertanda bahwa pendekatan yang Anda pakai memberi reaksi negative sehingga diperlukan cara pendekatan lain.]
j. Mengendalikan tatapan seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa informasi yang disampaikan
ke otak seseorang, 87% diterima lewat mata, 9% lewat telinga dan 4% lewat indera yang lai



Bahasa Tubuh Orang Sedang Berbohong

Bagaimana cara kita mendeteksi orang yang berbohong adalah hal yang menarik untuk dikupas. Banyak orang yang melewatkan tanda-tanda orang berbohong berupa gerak tangan, kontak mata dan intonasi suara karena tidak memahami bahasa tubuh (body language). Hasilnya kita jarang bisa memastikan dengan cepat apakah lawan bicara kita atau orang lain di sekitar kita telah berbohong atau berkata sesuatu yang tidak ia yakini kebenarannya atau kesesuaiannya dengan kenyataan yang dia ketahui.
Dengan memahami bahasa tubuh kita bisa melakukan pengamatan dan mengklarifikasi setiap tanda (signs) dan isyarat (cues) yang ditunjukkan oleh seseorang apakah menunjukkan sesuatu yang benar atau sebaliknya.
Bahasa tubuh adalah gerak tangan (gesture), kontak mata (eye contact) dan intonasi suara seseorang yang bekerja di luar kesadaran manusia. Hanya orang-orang yang sangat ahli dalam berbohong yang dapat mengontrol bahasa tubuh mereka agar tak muncul dan dilihat orang lain, namun ini pun tidak bisa dilakukan semuanya, pasti ada satu dua hal yang lepas dari kontrol kesadarannya.
Inilah beberapa tanda yang bisa dijadikan bukti bahwa seseorang telah berbohong (lie) atau berkata sesuatu yang tidak ia yakini:
Menelungkupkan Tangan ke Mulut
Dilakukan dengan cara kedua belah tangan ditelungkupkan ke mulut (telapak tangan menempel ke mulut) selepas seseorang mengeluarkan kata-kata dusta. Sikap tubuh semacam ini biasanya dilakukan oleh anak-anak yang berbohong, tetapi kadang-kadang juga muncul pada orang dewasa seperti yang dilakukan oleh Bill Clinton dalam kasus Monica Lewinsky. Gerakan ini terjadi karena secara alamiah saat seseorang berkata sesuatu yang tidak sesuai dengan hatinya, maka lekas-lekas tangan akan menutup mulut yang baru saja mengatakan sesuatu yang dianggap buruk oleh hatinya itu.
Menempelkan Tangan yang Tergenggam ke Mulut
Dilakukan dengan cara menempelkan jari telunjuk (dalam keadaan tangan tergenggam) ke mulut. Sikap tubuh semacam ini biasanya menunjukkan ketidakyakinan seseorang pada apayang baru saja diucapkannya, tetapi kedang-kadang juga berarti kebohongan. Sama seperti gerakan ini adalah gerakan menempelkan ujung jari telunjuk ke mulut / bibir tanpa gerak menggenggam. Dua gerakan ini biasanya seringkita lihat pada orang yang sedang memaparkan materi atau menjadi nara sumber, sedang mempresentasikan sesuatu atau orang yang sedang berbicara di depan kelas, ketika orang tersebut merasa tidak yakin dengan jawaban yang ia berikan, maka gerak tangan semacam ini akan muncul.
Jari Telunjuk Disentuhkan pada Hidung
Dilakukan dengan cara menyentuhkan ujung telunjuk ke ujung hidung. Gerak ini adalah variasi dari gerak menelungkupkan tangan ke mulut, karena orang tersebut merasa jika gerak menelungkupkan tangan ke mulut terlalu mencolok, maka dengan cepat ia akan mengalihkan gerakannya tersebut kehidungnya, yaitu dengan menyentuhnya sedikit. Gerak ini bisa juga berarti orang tersebut kurang yakin dengan apa yang baru saja ia katakan.
Perubahan Kontak Mata
Orang yang akan atau baru saja mengatakan sesuatu yang bohong, akan terjadi perubahan kontak mata. Dilakukan dengan cara seolah-olah memandang ke lawan bicaranya, namun jika diamati arah tatapannya sedikit mengarah ke atas (tatapannya nanar). Mekanisme alami yang di luar kesadaran ini terjadi karena orang yang berbohong takut kebohongannya akan diketahui orang lain, oleh karena itu ia takut menatap lawan bicaranya.
Perubahan Intonasi Suara
Ketika seseorang berkata dusta, intonasi suaranya akan mengecil. Perubahan intonasi ini bersamaan dengan kata atau kalimat yang mengandung kebohongan yang sedang diucapkannya.

 
nahh ,
itu makna gerakan tbuh seseorang, sekarang kita bisa melihatnya dilingkungan sekitar kita, kita bisa tau arti dari gerakan yang mereka buat terhadap kita.. ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar